Kamis, 13 Januari 2011

PILKADA TORUT PERTARUNGAN ANTARA SYAHRUL DAN ILHAM

RANTEPAO-- Hasil Pilkada Toraja Utara, 11 Januari 2011 lalu, tidak hanya menjadi pertarungan dua kandidat calon bupati, YS Dalipang dan Frederik Batti Sorring. Namun, perhelatan pesta demokrasi di kabupaten bungsu di Sulsdinilai menjadi barometer Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel yang berlangsung 2012 nanti.
Seperti diketahui, dua calon kuat disebut-sebut akan bertarung di pilgub mendatang, mereka adalah gubernur sekarang (incumbent) Syahrul Yasin Limpo melawan Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin. Kedua-duanya, sama-sama berkapasitas sebagai ketua partai politik (parpol). Syahrul menahkodai Partai Golkar sementara Ilham memimpin Partai Demokrat.
Penilaian itu diungkapkan anggota DPRD Provinsi Sulsel, H Andi Nawir Pasinringi, saat meninjau pelaksanaan Pemilukada Toraja Utara putaran kedua, Selasa lalu.
Diakui Andi Nawir bahwa pertarungan antara YS Dalipang dengan Frederik Batti Sorring melalui Pemilukada ini pada hakikatnya sudah bergeser dalam rangka 2012.
"Di Pemilukada Toraja Utara ini, bukan lagi pertarungan antara YS Dalipang dengan Frederik Batti Sorring," tandas Nawir.
Menurut mantan Bupati Pinrang dua periode itu, bahwa pada hakikatnya Pemilukada Toraja Utara putaran kedua, adalah pertarungan antara Syahrul Yasin Limpo dengan Ilham Arief Sirajuddin. Pasalnya keduanya
adalah Ketua Partai Politik, yakni Syahrul ketua DPD I Partai Golkar Sulsel dan Ilham adalah Ketua Partai Demokrat Sulsel.
"Melalui Pemilukada Toraja Utara ini, keduanya ingin uji kemampuan dengan mendukung pasangan calon yang
berbeda," bebernya.
Di Pilkada Toraja Utara Partai Golkar yang notabene Syahrul Yasin Limpo mendukung pasangan Frederik Batti
Sorring-Frederik Buntang Rombelayuk dan Partai Demokrat dalam hal ini Ilham Arief Sirajuddin mendukung pasangan YS Dalipang-Simon Liling. Baik Syahrul maupun Ilham keduanya
akan bertarung di Pemilihan Gubernur Sulsel 2012 mendatang. Keduanya akan mengendarai partai yang dikuasainya masing-masing.
"Tetapi rupanya Syahrul masih lebih kuat dibanding Ilham di Toraja Utara. Ini dibuktikan dengan perolehan suara pasangan SOBAT yang didukung Partai Golkar," paparnya.
Oleh karena itu, menurut prediksi Andi Nawir Pasinringi di Pemilihan Gubernur Sulsel 2012 mendatang Syahrul masih sulit dikalahkan oleh siapa pun yang menjadi saingannya termasuk Ilham yang akan menjadi rival Syahrul masih berat untuk bisa menaklukkan Syahrul di Pemilu Gubernur.
"Syahrul masih cukup kuat di 2012 nanti, setidaknya itu bisa dibuktikan di Pilkada Torut," paparnya. (kim/abk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar