Kamis, 27 Januari 2011

20 KAPAL PESIAR AKAN KUNJUNGI SULSEL

MAKASSAR – Sebanyak 20 kapal pesiar dari Benua Eropa dijadwalkan mengunjungi Sulsel selama pelaksanaan event Visit South Sulawesi 2012.Saat ini jadwal kedatangan telah dikonfirmasikan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Kedatangan 20 kapal pesiar tersebut akan terbagi dalam dua tahap,yakni enam kapal pesiar selama 2011 dan 14 buah akan tiba di Sulsel 2012. Satu unit kapal akan mengangkut minimal 500 orang wisatawan dari berbagai negara. Kapal pesiar pertama, Seaborn Spirit, yang membawa 800 penumpang merapat di Pelabuhan Soekarno-Hatta, kemarin. Gubernur Sulsel Syahrul Yasin menyambut kedatangan 268 wisatawan di rumah jabatan (rujab),Jalan Sungai Tangka,kemarin.

Dalam penerimaan tersebut, wisman disuguhi dengan aneka kesenian berupa tarian dan makanan khas daerah di halaman rujab. Seusai diterima,wisma mengunjungi beberapa lokasi bersejarah di Makassar dan melanjutkan perjalanan ke Toraja dengan sebelumnya singgah di Parepare. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel Suaib Malombassi mengaku, kedatangan 20 kapal pesiar, termasuk Seaborn Spirit, khusus datang dalam rangkaian Visit South Sulawesi.

“Jadwalnya sudah ada dan itu kami harap akan disesuaikan dengan event tahunan di daerah ini sehingga ada rencana perjalanan yang tersusun dengan baik,” tandas dia. Untuk mencocokkan jadwal tersebut, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo telah menyurati semua kepala daerah memasukkan jadwal event di daerah.“Kami ingin sesegera mungkin memasukkan jadwal tersebut ke calendar of event yang nanti menjadi panduan wisatawan,” tutur dia.

Suaib juga mengaku, promosi yang dilakukan Pemprov untuk menarik wisman tidak lagi dilakukan dengan pagelaran seni di luar negeri.Alasannya, menghabiskan banyak anggaran dan waktu yang lama. “Saat ini kami hanya menjual paket dengan mengandeng beberapa pihak,seperti travel agen yang melaksanakan program dan dikelompokkan berdasarkan negara,” kata dia. Jualan utama Sulsel menyambut tahun kunjungan wisata tersebut masih fokus ke Tana Toraja.

Untuk mempersiapkan hal tersebut,Pemprov mempercepat pembangunan bandar udara dan perbaikan jalan menuju Toraja. Selain itu, site plan tempat wisata di Toraja 2012 akan diperbaharui dan lebih menonjolkan informasi lengkap sehingga wisatawan tertarik berkunjung. “Tahun lalu memang masih kurang maksimal,tapi 2012,hal tersebut akan dibuat lebih lengkap dengan format yang baru,” tutur dia. Suaib juga mengaku pada 7 Februari, rapat kerja persiapan menyambut Visit South Sulawesi 2012 akan berlangsung.

Sementara itu, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Selatan Anggiat Sinaga mengaku siap membantu terkait kedatangan 20 kapal pesiar ke Sulsel. “Kami pihak hotel dan restoran akan menyediakan hiburan dan berbagai menu makanan kepada mereka karena kebiasaan jika kapal pesiar tidak pernah menginap di hotel, paling hanya santap siang,”ujar dia. Dia juga menyambut baik perihal akan datangnya 20 kapal pesiar ke Sulsel tersebut. (SI-rahmat hardiansya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar