Selasa, 08 Februari 2011

TORAJA, IKON VISIT SOUTH SULAWESI 2012

Toraja--Kunjungan wisatawan domestik maupun lokal ke Sulsel khususnya Makassar turun hingga 20 persen.
Kunjungan Wisatawan Manca Negera (Wisman) di tahun 2009 mencapai 20.200 dan 2010 hingga memasuki 2011 menjadi 16.221.
Angka itu menjadikan Makassar berada di urutan ke 19 sebagai daerah tujuan wisatawan.

Direktur Promosi Dalam Negeri Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata RI, Drs M Faried saat sosialisasi pengembangan kepariwisataan Sulsel, di Hotel Grand Clarion, baru-baru ini, mengungkapkan, dari sejumlah kegiatan promosi kepariwisataan yang dilakukan Direktorat Kementrian, Sulsel memiliki potensi besar meningkatkan prospek kepariwisataan.
Dimana 2010, kunjungan wisatawan yang masuk ke Indonesia mengalami peningkatan hingga 9%. Yakni dari angka 6,3 juta naik mencapai 7 juta pengunjung. Angka itu melebihi dari target yang ditetapkan.
"Potensi wisata Sulsel cukup besar, dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang kaya serta keragaman budaya menjadi daya tarik, akan tetapi 2010, Sulsel mengalami penurunan yang cukup besar. Sehingga melalui program visit South Sulawesi diharapkan dapat menarik kembali wisatawan, baik lokal maupun manca negara," jelasnya.
Dari segi akses wisatawan, Sulsel memiliki akses yang cukup potensial, yakni melalui jalur udara dan laut. unjungan wisatawan ASEAN lebih besar dari akses udara, sehingga Makassar memiliki daya saing yang sama dengan daerah lain.
"Untuk akses udara Makassar, kini masih banyak dari Jakarta dan Surabaya, sedang untuk manca negara, hanya dari Malaysia," paparnya.
Menanggapi hal itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Suaib Mallombasi mengatakan, Visit South Sulawesi 2012 yang dicanangkan Pemerintah Sulsel bersama Kementrian Budaya dan Pariwisata diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, baik mancanegara maupun lokal, ke Sulsel. Ia optimis bisa mencapai target yang diharapkan. Karena itu, Tana Toraja dipilih sebagai ikon Visit South Sulawesi 2012.
"Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel telah menyiapkan 20 event. Tana Toraja telah dipersiapkan menjadi tempat pelaksanaan atau puncak event Visit South Sulawesi 2012," terangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar